RESENSI BUKU PERKEMBANGAN PESERTA
DIDIK
A. IDENTITAS
BUKU
Judul Buku : PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Penulis : Prof. Dr. SUDARWAN DANIM
Penerit : ALFABETA, BANDUNG
Tahun terbit : 2010
Tebal Halaman : 182 HALAMAN
B. RINGKASAN
ISI BUKU
Buku ini menyajikan
menu pembahasan sebagai berikut: pertama.
Defenisi, hakikat, dan kebutuhan peserta didik. Kedua, hakikat pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, ketiga, asumsi dan dimensi perkembangan
peserta didik, keempat, multidimensi
perkembangan peserta didik, serta perkembangan anak dan peserta didik sampai
dengan sekolah menengah, kelima, tugas-tugas
pekembangan peserta didik dengan segala dimensinya. Keenam, perkembangan kepribadian peserta didik dengan kecerdasa
ganda. Ketujuh, perkembangan
kreativitas peserta didik dan perkembangan mereka dalam kelompok sebaya. Kedelapan, bimbingan konseling untuk
optimasi perkembangan peserta didik. Kesembilan,
psikologi pendidikan dan optimasi perkembangan peserta didik serta
orientasi belajar peserta didik yang dewasa.
Setelah membaca
buku ini dapat disimpulkan bahwa buku ini membahas tentang pentingnya untuk
setiap pendidik mengetahui sifat atau karakteristik dari peserta didik yang
dididiknya. Karena peserta didik merupakan sumber utama dan terpenting dalam
proses pendidikan Formal. Tidak ada peserta didik tidak ada guru. Karena
peserta didik bias belajar tanpa ada guru tetapi guru tidak dapat mengajar
tanpa ada peserta didik. Tetapi dalam perwujudan optimasi pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik dibutuhkan kehadiran guru yang professional.
Guru yang
profesional adalah guru yang mengetahui hakekat dari peserta didiknya baik
hakekat pertumbuhannya maupun hakekat perkembangannya serta faktor-faktor yang
mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan peserta didik tersebut. Mengetahui kebutuhan
peserta didik yang dapat diidentifikasi dari dimensi pengembangannya yaitu
kebutuhan intelektual, kebutuhan sosial, kebutuhan fisik, kebutuhan emosional
dan fsikologis, kebutuhan moral dan kebutuhan homodivinous. Mengetahui karaketristik setiap peserta didik
yang berbeda-beda yang dapat dilihat dari kemampuan dasar baik kemampuan
kognitif, afektif dan psikomotorik, latar belakang siswa, perbedaan kepribadian
dan cita-cita, pandangan, keyakinan diri setiap pribadi peserta didik. Tidak
kalah pentingnya seorang guru harus mengetahui hak dan kewajiban peserta
didiknya.
Buku ini juga
membahas bagaimana perkembangan anak dalam setiap tingkatan usia dan tahapan
pertumbuhannya baik itu perkembangan dan perubahan fisik, pekembangan
seksualitas, perkembangan kognitif, afektif dan psikomotoriknya, perkembangan
kepribadiannya, perkembangan kreativitasnya dan bagaimana konsep dirinya serta
bagaimana hubungannya dengan keluarga, teman sebaya dan lingkungannya yang dapat
mempengaruhi perkembangannya. Dan apa-apa saja yang seharusnya bisa dikerjakan
(dilakukan) anak pada tahapan usia tertentu dan apa yang menjadi penghalang
bagi anak tersebut sehingga tidak dapat melakukan tugas-tugas yang seharusnya
pada tingkatan usianya yang dibahas dalam tugas-tugas perkembangan perserta
didik, problema apa yang mungkin terjadi pada diri peserta didik dan apa peran pendidikan dan orang tua dalam
praktek pembelajaran.
Dalam setiap
tahapan perkembangan dan pertumbuhan penting adanya peran orang tua, sekolah
dan lingkungan sosialnya untuk memperhatikan perkembangan anak yang lebih baik.
Dalam hal ini BK (Bimbingan Konseling) dan psikologi pendidikan mempunyai
peranan penting untuk mengoptimasi perkembangan peserta didik yaitu membantu
peserta didik dalam mengembangkan potesi dirinya yaitu mengenai harapan,
cita-cita dan lingkungan. BK dan psikologi pendidikan tidak hanya untuk siswa
yang bermasalah tetapi untuk semua siswa yang memerlukan bimbingan.
Tugas guru bukan
hanya yang telah disebutkan diatas tetapi guru harus mengoptimasi peserta
didiknya dengan berbagai pendekatan diantaranya pendekatan psikologis dengan
metode wawancara, metode intropeksi, metode observasi, metode tes, metode
kuesioner dan metode lainnya.
Untuk melahirkan
siswa yang baik yaitu siswa pembelajar sejati, disamping memahami perkembangan
peserta didik juga harus mengenal juga orientasi belajar mereka, karena
orientasi ataupun gaya belajar memiliki relevansi kuat dengan pertumbuhan dan
perkembangan peserta didik.
C.
KELEBIHAN DAN KELEMAHAN BUKU
Menurut
saya yang menjadi kelebihan buku ini adalah: isi buku secara keseluruhan sudah dapat
memaparkan setiap judul dengan jelas dan diikuti dengan pemberian contoh yang
dapat memudahkan pembaca untuk memahami isi materi yang di jelaskan. Dalam buku
ini sudah cukup jelas di paparkan mengenai perkembangan peserta didik, baik
perkembangan fisik maupun non fisiknya, perkembanga kognitif,afektif dan
psikomotoriknya dan diikutsertakan juga dengan karakter anak pada setiap
tahapan usia dan apa-apa saja yan seharusnya sudah dapat dikerjakan anak pada
usianya dan bagaimana peran pendidikan dan orang tua terhadap perkembangan anak
dan bagaiman mengoptimasi perkembangan anak tersebut.
Menurut
saya yang menjadi kekurangan buku ini adalah: Jika
di bandingkan dengan buku perkembangan peserta didik karangan Kemali Syarif,
buku ini masih kurang dalam hal: Pertama
dilihat dari bentuk tulisan buku ini terlalu rapat dan ukuran hurufnya yang
terlalu kecil jadi kelihatan seperti kurang rapi membuat pembaca sedikit bosan
untuk membacanya. Kedua ditinjau dari
isinya, bahasa yang dipakai dalam buku ini sedikit lebih susah dipahami hanya
dengan sekali baca sehingga perlu untuk membaca ulang untuk mendapatkan inti
dari bahasannya sehingga pembaca dapat memahami dengan jelas materi yang
disampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar